Rabu, 26 Oktober 2011

langkah cuci tangan


Langkah cuci
tangan  steril
Lepaskan cincin,jam tangan dan gelang terlebih dahulu lalu buka keran air dan atur alirannya jaga agar air tidak memercik,jaga agar tangan selalu berada dbwh siku.
1. basahi kedua tangan sampai siku dibawah air mengalir
2. ambil sabun dan gosok kedua telapak tangan dengan kuat
3. Gosok masing-masing punggung telapak tangan sampai ke ujung jari dan teruskan ke pergelangan tangan secara bergantian
4. Jalin kedua telapak tangan dan gosok jari-jari dan sela-sela jari
5. Bersihkan kuku diatas telapak tangan dengan mengarah ke ujung jari lalu gosok punggung jari
6.Gosok salah satu ibu jari dengan gerakan memutar menggunakan jari-jari tangan yg lain yg melingkarinya dan semua jari satu persatu (10 jari)
7. Pegang pergelangan tangan kiri dg tangan kanan gosok sekeliling pergelangan tangan sampai dg siku secara bergantian lalu bilas seluruh permukaan tangan dari siku sampai ujung jari,pertahankan posisi lengan lbh tinggi dari siku.
Stlh tangan bersih tegakkan kedua tangan ke atas posisi tangan lbh tinggi dr siku lalu tutup keran dg menggunakan siku dan jauhkan dari badan, jangan sentuh permukaan /benda apapun dan keringkan kedua tangan dg lap bersih dan kering sekali pakai dengan mengelapnya dari ujung jari ke pergelangan tangan.
Dengan menggunakan telapak kaki,injak pedal tempat handuk pengering yg kotor utk membuka tutupnya,kmdn mskn handuk kdlmnya dan tutup kembali tmpt handuk kotor tsb.
Langkah cuci tangan biasa
1. Basahi kedua belah tangan
2. Gunakan sabun biasa
3. Gosok dg keras seluruh bidang permukaan tangan dan jari-jari selama 10-15 detik dg mperhatikan bidang dibwh kuku tangan dan diantara jari-jari
4. Bilas kedua tangan seluruhnya dg air bersih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar